Sabtu, 11 April 2009

Rasanya kok kayak di Padang Gurun...Hiks..


Dear All,..

Akhir-akhir ini rasa-nya.. saya kok sedang mengalami Padang Gurun ya..
Memang.. Firman Tuhan bilang.. serahkan segala beban pada Tuhan..
dan saya juga sudah minta ampun pada Tuhan karena hati saya ini kok ya bandel banget.. Udah serahkan segala beban.. tapi masiihh aja ada yang nge-ganjel di hati..

Saya jadi penasaran.. hhh.. seperti apa sih Padang Gurun itu yang sebenarnya??

Ada satu penjelasan yang saya dapat dari www.kejut.com :

Padang gurun adalah tempat hidup yang sulit bagi sebagian besar mahluk hidup.
Hal ini terbukti dari sedikitnya jenis mahluk hidup dan tumbuh-tumbuhan yang dapat hidup di sana. Hewan-hewan tersebut juga rata-rata kurang bersahabat, seperti ular, kalajengking, dll. Suhu di gurun relatif sangat ekstrim, siang hari tinggi sekali dan malam hari rendah sekali.

Sampai di sini saya mulai "ngeh"... Jadi padang gurun itu bukan sekedar padang pasir yang panaaass di siang hari dan dingiinn di malam hari.. Tapi juga cuma sedikit mahluk yg bisa hidup di sana.
Nah,.. pantesan.. hiks.. jadi gitu ya.. di padang gurun jarang yang bisa bertahan hidup.. beratt yahh..

Nah.. kalo di terapkan dalam hidup kita sehari-hari, ada banyak orang tinggal di padang gurun, dan ada berbagai jenis padang gurun:
Ada padang gurun kemiskinan, padang gurun kelaparan dan kehausan, padang gurun keterlantaran, padang gurun kesendirian, padang gurun putus cinta, dll.

Berikutnya, ada penjelasan lain lagi,.. yaitu :

Bahwa sebenarnya terpendam harta karun dalam gurun.
Contohnya: daerah-daerah yang berada di padang gurun relatif dikaruniai kekayaan alam, seperti misalnya Arab, di dalamnya terkandung banyak minyak bumi.

Jadi, Ketika seorang berada di padang gurun, kadang-kadang tidak semua orang bisa keluar dari sana, bisa saja mereka mati di sana. Tapi jika mereka berhasil melaluinya, maka mereka akan memperoleh berkat,.. atau setidaknya mereka akan jadi lebih kuat dan lebih tabah.. pokoknya lulus ujian deh.

Kesimpulannya :
Perjalanan di "Padang Gurun" adalah sebuah perjalanan ujian buat kita yang sedang mengalaminya. Dalam menghadapi ujian tersebut, kita bisa pilih menyelesaikannya dengan tekun dengan bergantung penuh pada kekuatan Tuhan.
Atau bisa juga kita bersungut-sungut dan akhirnya "mati" tanpa bisa keluar dari Padang Gurun masing-masing.

Umat Israel pernah mengalami perjalanan di padang gurun untuk waktu yang tidak sebentar...
40 tahun.. hmm.. "tua di jalan" dalam arti yang sebenarnya, ya..

Kenapa umat Israel harus berjalan di padang gurun?
Karena mereka berteriak minta tolong, supaya Tuhan membebaskan mereka dari perbudakan di Mesir. Maka Tuhan mengutus Musa untuk memimpin mereka keluar dari Mesir.

Lalu bagaimana perilaku mereka selama dalam perjalanan?
Bersungut-sungut.. ya.. mereka tidak puas dengan apa yang mereka alami di padang gurun.
Tidak cukup ajaib bagi mereka bahwa ada tiang awan dan tiang api memimpin mereka dalam perjalanan.
Tidak cukup memuaskan pemeliharaan Tuhan bagi mereka.
Mereka terkenang akan kenikmatan hidup di Mesir.. walaupun di Mesir mereka adalah budak.
Seakan mereka lupa bahwa mereka pernah berteriak minta tolong pada Tuhan supaya Tuhan bebaskan mereka dari perbudakan Mesir.

Padahal.. kalo mau di pikir lagi..
Apa mereka nggak tau bahwa Tuhan berjanji akan membawa mereka ke "tanah perjanjian"? Apa mereka nggak percaya bahwa Tuhan sanggup memenuhi janjiNYA??

Mereka tau dan mereka percaya,..kok.
Buktinya mereka mau melangkahkan kaki keluar dari Mesir.
Tapi yang jadi masalah.. sebab dari semua "sungut-sungut" mereka itu, adalah karena mereka tidak puas dengan cara Tuhan. Mereka mau cara yang lebih enak.. yang lebih menyenangkan..

Kalo mau di terjemahkan dengan bahasa sekarang :
Tuhan, Tuhan,.. Mbok ya.. jangan lewat padang guruun..
lewat padang rumput aja.. lewat tepi sungai yang jernih.. lewat kebun buah yang ranum-ranum..
Kalo bisa Tuhan.. mbok ya ndak usah jalan kaki,.. gitu.. naik permadani terbang aja..
Atau kalo bisa,.. bikin aja secara ajaib, tiba-tiba langsung nyampe di tanah perjanjian, gitu...
Gitu lho Tuhaann... kan lebih siiipp.. lebih afdoll.. lebih mantapp.. he he..

Itulah manusia,.. termasuk juga saya.. yang terbuat dari darah dan daging ini..
mau-nya yang enak.. mau-nya yang mudah.. mau-nya banyaakk.. dan yang enak-enak..

Menengok ke belakang.. ternyata ada banyak Padang Gurun yang pernah saya alami..
Padang Gurun yang satu selesai.. menyusul Padang Gurun yang lain..

Padang Gurun pertama saya alami di masa kecil.. (Untuk detailnya bisa dibaca di tulisan saya sebelumnya, judulnya: Masa kecilku,.. sebuah pelajaran)
Bagi yang belum tau masa kecil saya,.. singkatnya.. masa kecil saya bukanlah masa kecil yang ideal.. baik untuk pertumbuhan jasmani maupun rohani..
Tapi Puji Tuhan, selepas dari Padang Gurun masa kecil itu,.. saya tumbuh menjadi pribadi yang tidak gampang kasihan pada diri sendiri,.. tidak gampang cengeng dan tidak mudah rapuh.
Untuk itu saya harus berterimakasih pada Mama, yang telah berjuang membesarkan, menghidupi dan mendidik saya.

Padang Gurun kedua saya alami di masa saya mulai jadi anak kost di Jakarta, masih jomblo/single di usia yang "rawan", dan harus bertahan hidup sendirian mencari nafkah sebagai karyawati yang "pas2-an" setiap bulan..
Pergumulan masalah jodoh tentu jadi topik utama pada masa itu..
Apalagi dengan Mama yang sakit dan harus di operasi gara-gara kepikiran, kenapa kok
saya nggak "kawin2".. eh.. "nikah" ya istilah bagusnya.. he.. he..
Sempat saya ngotot minta jodoh pada Tuhan.. dengan menyebutkan "syarat2" yang saya
mau.. dan Tuhan kabulkan juga sih.. Tapi ternyata akhirnya bubar juga setelah masa
pertunangan.. dari peristiwa itu akhirnya saya sadar.. bahwa kalo saya ngotot.. Tuhan bisa saja kasih yang saya mau.. tapi resiko harus saya tanggung sendiri.
Dari peristiwa bubarnya jodoh yg saya minta dari Tuhan itu,.. saya jadi terpacu untuk lebih sungguh2 lagi cari kehendak Tuhan.. Dan Puji Tuhan,.. setelah lewat dari Padang Gurun yang satu ini.. saya jadi belajar.. bahwa lebih baik ikut kehendak Tuhan saja.. supaya tidak perlu cape..
he..he.. Hasilnya? Ya.. saya mendapat "harta karun" dari Padang Gurun.. berupa seorang suami yang dari Tuhan.. asli dari Tuhan.. bukan yang saya cari sendiri.
Lucunya,.. Tuhan kasih tau jodoh saya itu justru pada waktu saya sedang berdoa syafaat untuk hal yang lain. Memang Tuhan punya rasa humor yang tinggi, ya ;p

Padang Gurun ketiga saya alami pada masa setelah saya menikah,..
Waktu baru menikah, saya & suami boleh tinggal di rumah teman yang sudah pindah keluar kota setelah dia menikah. Teman saya janjikan, kami boleh tinggal untuk dua tahun, tidak gratis tentunya,.. bayar juga.. 500 ribu per bulan tidak terlalu mahal untuk ukuran sebuah rumah 3 kamar lengkap dengan telepon rumah di tengah kota.

Tapi tidak sampai setahun, rupanya lama-lama teman saya & suaminya punya ide lain, yang lebih baik buat mereka tentunya,.. Maka dengan bahasa sehalus mungkin kami di minta untuk cari tempat tinggal yang lain, karena rumah tersebut mau di jual.
Jadi kami harus cari kontrakan. Puji Tuhan, kami dapat kontrakan yang baru di bangun dengan harga 5 juta setahun. Jangan tanya bagaimana cara kami bayar kontrakan tersebut. Kami juga sudah lupa.. yang jelas hanya karena kemurahan dan kasih karunia Tuhan saja maka kami bisa membayarnya.

Masalah berikutnya timbul,.. namanya rumah kontrakan. Pak Haji yang punya kontrakan saja juga tidak tau alamat rumah kontrakan tersebut sebetulnya ikut kelurahan yang mana,.. ikut RT yang mana,.. nomor rumah juga si Pak Haji asal taruh aja buat sederet rumah kontrakan miliknya.. Memang bisa di maklumi,. dengan letak di tengah-tengah banyak gang tikus yang rumit, tidaklah mudah untuk menentukan sebuah alamat rumah ^o^

Maka kami membangun mimpi yang baru: Pengen punya alamat surat yang jelas, pengen punya alamat sesuai KTP dan tidak usah pindah-pindah rumah lagi..

Jadi saya cari info sana sini di mana rumah yang murah dan bagus.. lalu berapa Uang Muka yang di perlukan. Setelah ketemu info-nya, maka kami berusaha keras menabung untuk bisa mengumpulkan Uang Muka tersebut. Caranya? Tentu dengan pengiritan di segala bidang.. termasuk makan. Cerita tak terlupakan dalam perjalanan menabung tersebut adalah bagaimana seminggu sekali saya masak sayur sop sepanci,.. lalu di kemas dalam plastik2 kecil yg tahan panas.. nah setiap hari saya bawa bekal makan siang nasi dan satu plastik kecil sop. Dan setiap malam kami makan sop yang di panaskan di panci. Cara panasinnya juga gampang.. lempar aja sop dalam plastik tersebut di panci berisi air mendidih.. maka rasanya tidak akan berubah.. tetap enak, kok.. he.. he..
Dengan demikian kami bisa menabung lebih intensif.. ^o^

Maka akhirnya Uang Muka rumah terkumpul.. dan singkat cerita kami dapat kredit rumah di Citra Indah, Jonggol.. Lokasi-nya kira-kira 60 km dari kantor tempat saya bekerja.. Puji Tuhan.. akhirnya kami punya alamat tetap dan sesuai KTP, tidak usah pindah-pindah lagi.. biarpun harus mencicil 10 tahun.. Puji Tuhan.. padang gurun yang ini lewat sudah.. Haleluyahh !!

Apakah sudah tidak ada Padang Gurun lagi?? Ooo... tunggu dulu.. masih ada Padang Gurun ke empat.. ini terjadi dalam masa perjuangan mencicil rumah.. he he..
Dengan adanya kewajiban tetap bayar cicilan rumah.. tentu saya harus sungguh-sungguh dalam bekerja.. Sebab suami saya kan penghasilannya tidak tetap..
Ketika kami mulai tinggal di rumah baru,.. yang jauh dari kantor tempat saya bekerja.. dan harus kami tempuh dengan naik motor bebek yang sudah mulai tua..
Mulai-lah padang gurun yang baru.. cape-nya.. panas-nya.. hujan-nya.. rewel-nya si bebek tua.. hiks.. Berangkat pagi-pagi..pulang malam-malam.. Kurang tidur.. kurang istirahat.. Tiap pagi, kami, saya dan suami.. saling menyemangati "hayo tetap semangatt sayang !!" Ya.. biarpun badan ini rasanya sudah nggak mau nurut lagi di ajak kerja.. tapi ya.. musti tetep kerja-lah yauww.. bayar cicilan rumahh.. hayo sumangaattt.. !!

Bagaimanapun,.. apapun yang terjadi,.. kami tetap bersyukur karena Tuhan sudah memungkinkan kami untuk mencicil rumah ini.
Lalu, seperti ada angin segar datang di padang tandus.. Ada tawaran pekerjaan untuk saya,.. membantu saudara dari teman baik saya.. Jam masuk kantor-nya lebih siang.. dan jaraknya agak lebih dekat dengan rumah saya.. Ya.. walaupun hari Sabtu masuk,.. tapi kata suami saya.. nggak pa pa lahh.. kan masuknya lebih siang.. Lagi pula ini kan untuk membantu teman..

Tak di sangka tak di duga.. ternyata ini-lah padang gurun yang paling berat dan menguji iman. Di kantor baru ini berbagai peristiwa terjadi benar-benar menguji iman percaya saya pada kedaulatan Tuhan dalam hidup saya. Salah satu hal di antara -nya adalah ternyata saya harus lembur bahkan pada hari Minggu dan hari libur..
Atau kalo tidak lembur dikantor.. saya harus bawa pulang Laptop kantor dan berbagai file untuk di kerjakan di hari libur. Lho kok??
Jadi ternyata lebih capee di tempat baru ya Tuhan.. Capee lahir batin..

Tapi biar apapun yang terjadi, saya tetap percaya.. bahwa Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan.. Biarpun "kelihatannya" tidak enak, bikin hati dan pikiran saya bertanya-tanya pada Tuhan.. penuh tanda tanya..

Dan akhirnya.. setelah lima bulan.. tibalah saat "kelulusan" saya dari padang gurun yang dahsyat ini.. he.. he.. Luar biasa ajaib Tuhan,.. DIA lunasi cicilan rumah saya,.. jadi saya bisa keluar dari kantor ini.. Puji Tuhann... Tuhan benar-benar tahu betul seberapa batas kekuatan kita!! Tuhan ijinkan saya berhenti kerja dengan tugas tambahan yaitu tetap "mendampingi" teman-teman di persekutuan doa kantor. Jadi tiap hari Jum'at sebisa mungkin saya tetap ikut ibadah.

Oya.. masih ingat si "bebek tua" yang saya ceritakan sebelum ini? Tuhan menggantikan-nya dengan bebek yang baru,.. jadi tiap jum'at saya bisa naik bebek sendiri ke tempat ibadah ;p
Haleluyahh !!

Lalu.. apakah Padang Gurun saya sudah berakhir..?? Ternyata, Tuhan tidak kehabisan "stock" padang gurun.. he.. he.. Begitu sayangnya DIA pada saya.. jadi tiap habis lewat satu padang gurun.. dengan tidak menunda-nunda DIA bawa saya ke Padang Gurun yang lain lagi.. ini yang paling up date.. dan ini-lah yang membuat saya menulis tentang padang gurun..

Padang Gurun apa itu?? Padang Gurun ke lima.. yang saat ini sedang saya alami,..
adalah sebuah ujian.. sampai seberapa dalamnya sih saya mau "mempercayakan diri"
pada pemeliharaan dan perlindungan Tuhan..???????

Puji Tuhan.. Rupanya bukan kebetulan Tuhan pimpin saya untuk menulis tentang Padang Gurun ini. Sebab selama saya menyelesaikan tulisan ini.. sedikit demi sedikit saya di bimbing untuk kembali mengingat betapa dahsyat kasih karunia dan kemurahanNYA dalam hidup saya selama ini..
Iman saya mulai di segarkan lagi.. percaya saya pada pemeliharaanNYA mulai di kuatkan lagi..
Dan saya bertekad, bersama-mu Tuhan,.. aku juga pasti akan bisa melalui padang gurun yang ini.. !! BersamaMU, aku akan masuk ke "tanah perjanjian" yang KAU janjikan!!

Haleluyahh !!!

2 komentar:

  1. menurut hemat saya (hehehehe kayak pak menteri aja.....)...
    gini, menurut saya, justru di tengah2 pergumulan, kesusahan & pencobaan itulah, kita bisa melihat & merasakan berkat Tuhan...
    sebab bagi saya Tuhan tidak menjanjikan hidup yg selalu sukacita, damai, bahagia...
    tapi 1 hal yg Tuhan janjikan, PEMELIHARAAN yg tiada hentinya.................
    GBU

    BalasHapus
  2. Betul pak.. saya setuju.. PEMELIHARAAN dari TUHAN memang selalu menyertai hidup kita.. ^o^

    BalasHapus