Senin, 16 Februari 2009

Kenapa Enny bersyukur... ^o^




Dear all,..

Akhir-akhir ini,.. setiap kali saya mengungkapkan pola pikir dan sikap hati saya,.. rasanya tidak banyak teman yang bisa mencerna, kenapa kok begitu tidak masuk akal-nya saya ini.
Ada kalanya, orang melihat saya terlalu ”rohani”, tidak ”mem-bumi”, aneh.


Bagaimana tidak,.. dalam kondisi seperti apa-pun,.. saya ini kok ya senang-senang saja... atau seperti yang sering saya bilang : ”asik-asik aja-lah”

Atau, dalam kondisi apa-pun... biasanya saya selalu menemukan "keuntungan" di dalam-nya.. Itulah,.. biasanya saya spontan bilang "masih untung...^_^" Hmm... apa karena budaya Jawa.. ya?

Saya berasal dari keluarga sederhana yg tinggal di kota kecil di Jawa Timur, kota Malang tepatnya,.. Waktu saya kecil, saya sering sendirian di rumah. Jadi saya suka mengisi kesendirian saya dengan membaca, namanya keluarga sederhana, ya tidak banyak-lah yang bisa saya baca, kami tidak berlangganan koran atau majalah.

Sesekali saya baca koran, majalah, atau apa saja yang bisa di baca. Satu-satunya bahan bacaan yang tersedia dan tidak ada habisnya adalah Alkitab.
Banyak sekali ”dongeng” yang ada di Alkitab. Biarpun kadang ada juga yang tidak saya mengerti.

Kehidupan keluarga kami tidak bisa dibilang mudah,.. saya lihat papa, mama, betapa susah mereka mencari nafkah. Saya merasa menjadi beban keluarga. Suatu saat, bahkan saya sampai pada pertanyaan :

”Buat apa sih aku hidup?”
”Hidup ini kan susah.. mama papa susah cari nafkah.. nanti aku lulus sekolah juga susah cari kerja.. trus juga nanti mesti nikah.. susah cari suami, kan..”
”Jadi, buat apa Tuhan ciptakan kita, kalo cuma untuk hidup susah?!!”
”Aku tidak mau hidup” ”Tapi kalo bunuh diri aku takut dosa”
”Jadi...?? Tuhan tolong ambil saja nyawa-ku.. aku tidak mau hidup lagi !!”

Tapi, Puji Tuhan,.. biarpun pertanyaan saya agak ”kurang ajar”.. Tuhan tetap menjawab dengan sabar.. Saya mendapat jawaban-NYA dari Alkitab :
Roma 14:8 Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.


Sejak mendapat jawaban itu,.. saya berhenti mempertanyakan, kenapa saya harus hidup. Dan biarpun saya tak tahu persis bagaimana cara-nya hidup untuk Tuhan,.. pokoknya hidup mati saya untuk Tuhan. Titik.

Singkat cerita,.. saya musti kuliah di bidang Arsitektur,.. biarpun saya nggak suka menggambar dan biaya kuliah juga tergolong berat buat keluarga kami.
Setelah tugas akhir yang gagal karena berbagai kesulitan finansial,saya cuti kuliah, kerja dulu, nabung buat biaya tugas akhir,.. ya,.. antara lain untuk beli mesin gambar dan perbaiki motor, yang mutlak perlu buat pelaksanaan Tugas Akhir.

Puji Tuhan, akhirnya saya lulus juga jadi sarjana Arsitektur. Biarpun setelah lulus, saya-pun bingung. Bagaimana ini, Tuhan?
Saya, lihat meja gambar aja udah stress duluan, tapi modal kerja cuma Sarjana Arsitektur.
Musti kerja apa, ya? Jadi mau tak mau musti kerja di bidang Arsitektur juga nih.
Yang terbayang di benak saya,.. apakah aku musti stress seumur hidupku??

Awal tahun 1994, seorang teman yg kerja di Jakarta menelepon saya,.. katanya "En, mau nggak ganti-in aku kerja di sini?"
Puji Tuhan,.. akhirnya saya bisa keluar dari kota Malang.

Itu kan artinya kehidupan yang lebih baik, ya?
Biarpun dengan hati yang was-was karena musti kerja sebagai arsitek,.. ya saya pasrah deh.
Begitulah,.. hari demi hari saya lalui dengan bergantung penuh pada Tuhan saja.Bagaimana tidak,.. lihat meja gambar aja stress..
Perlindungan dan pemeliharaan Tuhan sungguh saya alami.
Hidup saya penuh dengan ucapan syukur.
Dengan kondisi tidak suka menggambar seperti saya, tapi tetap bisa bekerja di kontraktor, tetap gajian dan tetap bisa kirim uang tiap bulan ke orang tua,.. sungguh karunia Tuhan yang patut di syukuri.

Krisis tahun'98 terjadi.. Kondisi tempat kerja saya-pun terkena imbas-nya.
Dari staff kantor 3 orang, berkurang jadi 2 orang,.. sampai tinggal saya seorang yg bekerja. Kantor kami pun berpindah 3 kali,..
Dari Ruko sendiri, lalu sewa Ruko,.. akhirnya berkantor di rumah atasan saya.
Saya merasa tidak enak,.. sebab yang saya dengar dari atasan saya...proyek selalu rugi.. rugi.. dan rugi.. teruss.

Tapi, Puji Tuhan, tahun'99 lagi-lagi seorang teman, menawarkan lowongan kerja,.. biarpun jabatannya sekretaris,.. ya saya coba saja-lah... Lho.. kok ya saya di terima kerja sebagai sekretaris.. sebetulnya saya heran sendiri. Hmm... musti belajar lagi nih.
Jadi, kembali saya bergantung penuh pada pimpinan Tuhan untuk pekerjaan ini.
Lagi-lagi, Puji Tuhan.. Tuhan tidak pernah meninggalkan saya,..
Dari seorang yang buta komputer.. mulai nge-tik saja di ajar-in atasan : "begini en,.. klik File.. save as.. lalu kasih nama file-nya" Lama-lama saya mulai lancar dengan file word & excel.

Dari tidak mengerti bedanya debet kredit, pelan-pelan saya juga mulai mengerjakan jurnal accounting.. lalu.. lama-lama saya bisa mengerjakan detail accounting.. Lama-lama saya bisa membuat laporan keuangan.

Sungguh tak habis-habisnya saya bersyukur. Betapa baik-nya Tuhan,..
Dia berikan saya kantor dengan atasan dan teman-teman sekerja yang baik dan memungkinkan saya untuk terus belajar. Biarpun setelah 9 tahun bekerja,.. atas kehendak Tuhan juga saya musti pindah kerja,.. tapi tetap aja hatiku penuh syukur.

Di tempat kerja yg baru,.. ternyata Tuhan hanya ijinkan kerja 5 bulan saja, setelah itu saya boleh istirahat. Dan inilah yang paling saya syukur-i sekarang... Tuhan lunasi cicilan rumah saya sehingga saya boleh berhenti kerja. Puji Tuhan !!

Tahun 2003 Tuhan berikan pada saya seorang suami. Biarpun pertama kali saya kaget dengan rasa humor Tuhan yg sangat tinggi.. Bayangkan, lain suku, "pekerjaan"nya adalah pelayanan.. Ooops.. saya tahu mama pasti keberatan.

Tapi saya sangat bersyukur pada Tuhan.. sebab suamiku tercinta ini adalah anugrah dari Tuhan. Dia cinta Tuhan, itu-lah kesamaan diantara kami, yang membuat kami sangat percaya akan pemeliharaan dan perlindungan Tuhan dalam hidup kami.
Bahkan sampai sekarang-pun, sampai saya sudah tidak bekerja lagi,.. penghasilan suamiku juga tetap aja.. tidak tetap ^_^

Saya tinggal di rumah sederhana,.. di perumahan pinggiran yang tidak termasuk perumahan elit.. Tapi saya sangat bersyukur pada Tuhan,.. sebab rumahku ini adalah pemberian Tuhan.
Di musim hujan dan panas kami punya tempat berteduh,.. tidak terancam banjir dan longsor.

Saya punya kendaraan motor bebek,.. kalo hujan ngga kepanasan.. kalo panas ngga kehujanan.. motor ini juga sangat saya syukur-i.. sebab ini motor pemberian Tuhan.. Bahkan di saat-saat menempuh perjalanan jauh, kepanasan, kehujanan,.. saya juga sangat bersyukur.
Sebab saya sudah pernah mengalami masa tidak punya motor.
Juga sudah pernah punya motor yang di "masa tua-nya" sering mogok dan kadang2 pas lagi naik motor perjalanan ke kantor, pagi-pagi.. tahu-tahu ada spare part yg jatuh.. atau rantai-nya copot.. seru deh.. alhasil, terlambatlah aku nyampe di kantor ;p
Karena itu sungguh saya sangat bersyukur, sebab Tuhan berikan motor yg baru, dan sehat.

Di mata teman saya, saya ini kelihatannya bodoh.
Teman saya heran,.. Dia bingung,.. kenapa kok saya tidak mengejar karir yang lebih baik.. kenapa kok saya tidak cari suami yang lebih baik..

Tapi saya bilang,.. saya lebih percaya pada kemampuan Tuhan dalam mengatur jalan hidup saya.
Yang penting hidup saya kan buat Tuhan (Roma 14:8)
Maka segala sesuatu saya kerjakan untuk Tuhan (Kol 3:23)
Dan saya percaya bahwa Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan (Roma 8:28)

Roma 14:8 Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.

Kolose 3:23 Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Inilah yang aneh di mata teman-teman,.. kalo di tanya, apakah saya punya keinginan tertentu dalam hidup saya,.. kayaknya saya nggak punya, ya. Soalnya saya lebih suka mempercayakan diri pada keinginan Tuhan dalam hidup saya.

Setiap pagi saya berdoa : Tuhan, Engkau tau kerinduan hatiku adalah menyenangkan hatiMu, mempermuliakan namaMu,. pimpin aku untuk melakukannya, Tuhan. Ambil alih seluruh hidupku sepanjang hari ini, pegang erat tanganku sepanjang hari ini, sebab aku tidak mampu jalan sendiri.

Setiap makan saya berdoa, Terimakasih Tuhan, berkatmu atasku melimpah-limpah, mari berkati yang sudah memungkinkan tersedianya berkat ini,.. mari berkati juga yang belum bisa menikmati berkat seperti ini. Terimakasih Tuhan. Amin.

Hhhhh... tak terbayangkan,.. apa jadinya hidup ini kalau Tuhan tidak ada???

Puji Tuhan.. !! Haleluyahh ^_^

Semoga notes sederhana ini bisa menggambarkan sedikit tentang saya.. yang tidak banyak dimengerti teman-teman ^_^

God bless u all ;p
Bogor, 17 Februari 2009
Enny


2 komentar:

  1. waduh N,..rasane aku baru kenal kamu, dalam2nya tuh aku baru tau sekarang,.. kalo luarnya sih... udah tau dari dulu..:))
    SElalu bersyukur..padaNYA

    BalasHapus
  2. He he .. Itulah Ven,..
    Puji Tuhan sekarang ada yang nama-nya blog.. Jadi kita bisa sharing tanpa dibatasi ruang dan waktu.. ;p Jbu ^o^

    BalasHapus