Sabtu, 15 November 2008

Ketahanan harga diri, hubungannya dengan gambar diri/self image :-)



Dear all,..


Akhir-akhir ini saya banyak belajar, bahwa banyak masalah-masalah terjadi dalam diri kita, ternyata disebabkan oleh harga diri kita yang terusik oleh orang lain / oleh situasi tertentu.

Dalam hal ini, seberapa ketahanan harga diri kita, biasanya di tentukan oleh bagaimana "gambar diri" (Self Image) yang kita miliki saat ini.

Ijinkan saya sharingkan apa yang saya alami & saya percayai tentang harga diri :

1. Harga diri kita ada di mata Tuhan,... kita berharga di mata-Nya... karena itu Yesus serahkan nyawa-Nya buat keselamatan kita,.. Kita di karunia-i karya keselamatan,.. justru pada waktu kita masih ber-dosa (Yoh 3:16)

2. Harga diri kita tidak di tentukan oleh omongan/perlakuan orang lain. Orang boleh ngomong apa aja,.. atau berbuat apa aja,... Kita tidak perlu terpengaruh, sebab... yang benar-benar penting adalah : perkenan-an Tuhan buat kita,.... cek : apakah hidup kita sudah berkenan di hati Tuhan,.. apakah kita sudah taat firman Tuhan. Kalo sampai belum, ya tinggal bertobat aja toh,... gak repot kan :-)

3. Kalau orang berkata sesuatu yang jelek mengenai kita,... hal itu tidak otomatis jadi kebenaran, kan? Misalnya,.. kalo orang ngata-in kita,... DASARR,.. SAPI LO !!! Apakah lalu otomatis kita berubah jadi SAPI? Enggak kan? Jadi ya tenang aja,... kasihan orang tsb salah liat & salah pikir tentang kita... he..he...

Atau mungkin ada orang yang ngata-in kita gendut,.. dan... ya... wah kita emang gendut,... Kita cek lagi: Apakah dengan gendut lalu kita tidak berkenan di mata Tuhan? enggak juga kan... Nah,..so what gitu loh,... biar gendut yang penting Tuhan sayang.... Kita harus ambil sisi positif-nya,... wah,.. orang itu perhatian ya ama kita... buktinya dia tau kita gendut.. he..he.. Atau,... biarpun orang itu memang bermaksud menghina kita,... wah kasihan sekali dia,... dia ngga tau bahwa biar gendut juga kita di sayang Tuhan... dan penghinaan dia sama sekali ngga ada arti-nya buat kita !! he.. he..

4. Dengan kepercayaan penuh bahwa Tuhan mengasihi kita, maka segala sesuatu dapat kita kerjakan dengan semaksimal mungkin, yang terbaik yang bisa kita berikan, sebab pada dasarnya semua itu kita kerjakan untuk menyenangkan hati Tuhan, bukan untuk manusia (Gal 1:10).

Jadi, kalo sebagai karyawan kita kerjakan pekerjaan kita untuk Tuhan, maka kita tidak akan mudah merasa terhina, tertindas, teraniaya, atau terancam oleh atasan kita. Apapun yang terjadi kita tetap bekerja dengan baik, kenapa? Ya iyalah, kan kita kerjakan untuk Tuhan :-)

Begitu juga kalo sebagai ibu rumah tangga kita jalani untuk Tuhan, maka kita tidak akan mudah mengeluh dalam kondisi apapun, entah itu masalah rumah tangga yang cukup bikin pusing, menopang suami yang sedang stress dan tidak berpenghasilan tetap.... Semua itu akan tetap dapat di jalani dengan sebaik-baiknya, kenapa? Lagi-lagi,... ya iyalah, kan di kerjakan untuk Tuhannn :-)


Kesimpulannya :

1. Dengan Self Image/Gambar Diri yang sesuai firman Tuhan,.. maka kita akan lebih dapat bertahan dalam menghadapi berbagai tekanan dan coba-an yang terjadi dalam hidup kita :-)

2. Dengan kepercayaan penuh bahwa Tuhan mengasihi kita, maka kita dapat melakukan apapun yang terbaik buat Tuhan. Melakukan segalanya buat Tuhan, justru membuat kita lebih efektif dan maksimal dalam mengerjakan segala sesuatu :-))


Jbu all !! :-)



1 komentar:

  1. Lumayan juga buat bekal untuk menghadapi hidup :-)

    BalasHapus